Rabu, 22 Desember 2010

INFLUENZA

Influenza,biasanya dikenali sebagai flu di msayrakat,adalah penyakit menular burung dan mamalia yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae(virus influenza). Penyakit ini ditularkan dengan medium udara melalui bersin dari si penderita. Pada manusia,gejala umum yang terjadi adalah demam,sakit tenggorokan,sakit kepala,hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan,batuk,lesu serta rasa tidak enak badan. Dalam kasus yang lebih buruk,influenza juga dapat menyebabkan terjadinya pneumonia,yang dapat mengakibatkan kematian terutama pada anak-anak dan orang berusia lanjut.   

Cara Penularan

Bersin dapat menyebabkan virus influenza. Orang yang terjangkit influenza dapat menularkan virus ini antara hari kedua dan ketiga setelah inefeksi. Anak-anak jauh lebih mudah tertular dibandingkan dengan orang dewasa. Karena daya tahan tubuhnya yang kurang. Penderita penyakit defisiensi imun sangat mudah terinfeksi influenza.

Influenza dapat menyebar dalam tiga cara utama:
  1. Oleh transmisi langsung(saat seseorang yang terinfeksi bersin,lendir langsung ke hidung,mata atau mulut orang lain
  2. Rute udara(ketika seseorang menghirup aerosol yang diproduksi oleh orang yang terinfeksi batuk,bersin atau meludah)
  3.Melalui penularan tangan ke mata,tangan ke hidung,atau transmisi langsung baik dari permukaan yang terkontaminasi atau dari kontak pribadi langsung seperti berjabatan tangan

Pada rute udara, tetesan yang cukup kecil bagi oang untuk menghirup adalah 0,5 mikro diameter dan menghirup hanya satu titik kecil cukup untuk menyebabkan infeksi. Walaupun 1 kali bersin menyebabkan sampai dengan 40.000 droplet, kebanyakan dari droplet ini cukup besar dan cepat akan menghilang dari udara. Berapa lama influenza bertahan dalam  tetesan udara tampaknya dipengaruhi oleh tingkat kelembaban dan radiasi UV. Dengan kelembaban rendah dan kurangnya sinra matahari di musim dingin dapat membantu kelangsungan hidup virus ini.
Virus influenza dapat bertahan di luar tubuh, juga dapat ditularkan melalui permukaan yang terkontaminasi seperti uang, gagang pintu, lampu, dan barang-barang rumah tangga lainya. Lamanya waktu virus akan bertahan di permukaan bervariasi, virus hidup selama satu sampai dua hari pada permukaan keras dan permukaan yang tidak berpori seperti plastik atau logam. Selama sekitar 15 menit pada kertas atau tissue kering, dan hanya 5 menit pada kulit. Namun, jika virus ini hadir dalam lendir, lendir ini dapat melindungi untuk waktu yang lebih lama (17 hari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar